Apakah Kamu tahu dua variasi dalam Bahasa Inggris? Try to open this blog, please!


Perbedaan Bahasa Inggris British dan Inggris Amerika


Saturday, 4 April 2020

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan di banyak negara di dunia, baik itu sebagai bahasa ibu (mother tongue), bahasa ke-dua (the second language), ataupun sebagai bahasa asing (foreign language).
Bahasa Inggris di negara kita hanya digunakan sebagai bahasa asing (foreign language). Dan Saya tidak akan bicara mengenai penggunaan bahasa itu, tetapi saya akan bebicara tentang variasi perbedaan Bahasa Inggri yang ada dan diakui di dunia internasional.
Dua versi bahasa Inggris yang paling umum digunakan adalah Bahasa Inggris British dan Bahasa Inggris Amerika. (British & American English)
Beberapa perbedaan diantara ke dua versi bahasa Inggris itu, tidaklah begitu mencolok atau signifikan. Seiring dengan internasionalisasi di era modern sekarang ini, perbedaan- perbedaan tersebut bahkan bisa dikatakan semakin berkurang.
Sedikit perbedaan antara variasi tersebut, cenderung hanya memperkaya komunikasi saja dan tidak menimbulkan masalah ataupun kesulitan dalam berkomunikasi.
Adapun beberapa perbedaan antara Bahasa Inggris British dan Bahasa Inggris Amerika antara lain;
  •           Vocabularies (Kosa kata)
Ada beberpa kata dan istilah yang digunakan hanya dalam Bahasa Inggris British atau dalam Bahasa Inggris Amerika. Akan tetapi dengan adanya media baru seperti internet dan dunia yang semakin mengglobal, kata-kata ini seperti menjadi semakin sedikit.
Contohnya :
Bahasa Inggris British: trainers, vacation, lift, autumn, trousers
Bahasa Inggris Amerika: sneakers, holiday, elevator, fall, pants
  •          Spelling (Ejaan)
Bahasa Inggris British cenderung mempertahankan ejaan banyak kata yang asalnya dari Bahasa Perancis. Sedangkan Inggris Amerika mencoba untuk mengeja kata lebih mendekati cara mereka melafalkannya dan mereka menghilangkan hurup-hurup yang tidak diperlukan.
Misalnya:
Bahasa Inggris British: realise, centre, colour.
Bahasa Inggris Amerika: realize, center, color.
  •          Pronunciation (Pelapalan)
Orang Amerika biasanya melafalkan hurup “r” dengan menggulung lidah mereka ke belakang dan merapatkannya ke langi-langit mulut, sementara kebanyakan orang Inggris tidak melafalkan hurup ‘r” dalam kata, khususnya jika terdapat pada akhir kata.
Dalam Bahasa Inggris Amerika kata Can dan Can’t kedengarannya sangat mirip sedangkan dalam bahasa Inggris British orang bisa membedakannya secara jelas.


(Sumber: id.wikipedia.org)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Communicative Language Teaching

Integritas yang dimiliki seseorang

Ayo kita kenali istilah PRONOUNS in English